Senin, 08 Oktober 2012

Tutorial Setting Antivirus McAfee 8.7i Otomatis Scan


Berhubung kami diberikan Tugas oleh Dosen kami untuk memberikan artikel buatan kami sendiri jadi Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana kita mengatur pengaturan pada sebuah antivirus karena bisa dibilang banyak orang menginginkan sebuah antivirus tapi gak ada yang bisa untuk mengatur antivirus itu sendiri dalam proses scan file mereka,nah pada postingan kali ini kami menggunakan Antivirus McAfee 8.7i  karena bisa dibilang antivirus ini ampuh membasmi trojan tanpa menghapus file yang kita punya. Kalo gitu langsung aja ke TKP....

Langkah pertama,klik start ->All Programs->McAfee -> On-Demand Scan. Seperti pada gambar di bawah ini.





Langkah kedua,klik pada tab scan location lalu pilih lokasi yang akan di scan sesuai dengan keinginan anda yaitu dengan cara klik pada add untuk menambahkan lokasi scan.Kemudian centang pada kedua pilihan di bawah yaitu pada include subfolders  untuk men-scan virus hingga  ke dalam inti folder.Dan untuk pilihan kedua yaitu scan boot sectors untuk menscan file booting pada sistem operasi anda.

          Langkah ketiga,klik tab scan items untuk menentukan tipe file yang akan di scan seperti pada gambar di bawah ini pilih all files  untuk memilih semua tipe file yang akan anda scan.Dan pilihan kedua untuk memilih jenis program yang akan di scan oleh anti virus McAfee seperti gambar di bawah kami memilih Detect unwanted programs untuk mendeteksi program yang tidak diinginkan.Lalu kami memilih scan inside archives untuk mendeteksi virus dalam program kompres.Lalu kami memilih scan files that have been migrated to storage  untuk menscan virus selama pengiriman/penerimaan files dalam ke lokasi penyimpanan lain.Serta pilihan ketiga kami memilih find unknown programs threats untuk menemukan program yang mengancam file kita dalam komputer.Pilihan selanjutnya kami mencentang find unknown macro threats untuk menemukan ancaman macro dalam komputer kita.


Langkah keempat,klik tab perfomances untuk penundaan lokasi files yang akan di scan.Disini kami mencentang defer scan when using batery power untuk menunda proses scan ketika laptop/komputer sedang diisi baterainya( charging ) . Kemudian centang defers scan using presentation yaitu penundaan proses scan selama presentasi.Selanjutnya centang user may  defer schedule scans untuk mengijinkan pengguna menunda jadwal scan.Lalu pilihan defer at most untuk menentukan waktu penundaan. Lanjut,
Sistem Utilization untuk menentukan level pemanfaatan sistem.kemudian Sensitivity level untuk menentukan tingkat sensitivitas proses scan.



Langkah ke lima yaitu pindah ke tab actions untuk menentukan proses scan yang pertama dan ketika proses scan yang pertama gagal serta menentukan untuk program yang tidak di inginkan sesuai dengan keinginan kita. kemudian anda juga bisa menentukan apakah virus tersebut di ijinkan untuk di hapus oleh anti virus McAfee jika gagal di bersihkan.

Jika anda menginginkan virus itu di hapus maka centang delete files seperti di bawah dan akan muncul jendela Notification untuk meyakinkan bahwa anda benar-benar memperbolehkan anti virus untuk menghapus file yang terkontaminasi oleh virus.klik yes jika ya dan no untuk tidak.

Langkah ke enam pindah ke tab reports lalu ke bagian what to log in addition to scanning activity untuk menentukan sesi pengaturan dan sesi ringkasan serta kegagalan scan file enkripsi dari hasil laporan scan virus.seperti gambar di bawah kami mencentang dua saja yaitu pada bagian sesi pengaturan(session setting) dan sesi ringkasan(session summary).

Langkah ke tujuh klik save as untuk menyimpan pengaturan yang di buat tadi maka akan muncul jendela task name untuk memberi nama pada pengaturan yang di buat tadi, seperti gambar disamping.
NB: anda boleh memberikan nama sesuai dengan keinginan anda. setelah itu klik ok !

Langkah ke delapan klik schedule untuk menentukan jadwal scan otomatis selanjutnya akan muncul jendela schedule setting, centang pada enable(scheduled task runs at specified time) untuk mengaktifkan jadwal scan otomatis. Di sini juga anda bisa memberikan password untuk mengunci settingan scan agar tidak ada orang lain yang mengotak-atik pengaturan yang telah anda buat tadi.
Langkah kesembilan, masih pada jendela schedule setting pindah ke tab schedule dan tentukan kapan proses scan akan berjalan otomatis,disini kami memilih at startup jadi ketika pertama kali menghidupkan komputer/laptop maka McAfee akan melakukan scanning pada lokasi yang sudah kita tentukan tadi. kemudian anda bisa menginginkan proses scan berjalan satu kali dalam sehari atau tidak,untuk membuat satu kali proses centang pada only run this task once a day. bagian ke empat delay task by untuk menentukan berapa menit penundaan setelah sistem operasi aktif,disini kami memberi tiga menit waktu penundaan dan klik ok  .
 
Langkah ke terakhir klik save as default untuk menetapkan pengaturan yang telah anda buat tadi menjadi pengaturan tetap /standart pada proses scan antivirus McAfee.kemudian muncul jendela notification klik yes, seperti gambar di bawah.pada jendela on demand-scan properties klik Ok seperti gambar dibawah.... dan restart sistem operasi anda untuk mengonfirmasinya.

By:
Antri Alfio

2 Kritik:

  1. thanks infonya bro,McAfee gue sering ngedelete folder pes gue nih,trus solusinya kaya gmn ya?

    BalasHapus